Resep Dan Cara Membuat Cheesecake Roti Tawar

Cheesecake alias kue keju merupakan hidangan pencuci mulut populer di beberapa belahan dunia. Proses memasak pun tidak begitu sulit, bahkan selesai dalam tempo kurang dari 30 menit. Kue ini terbagi menjadi dua jenis berdasarkan metode memasak, yakni panggang dan tidak panggang.



Cheesecake panggang melewati proses memasak yang memakan waktu lama, tak heran banyak orang enggan menjajalnya. Sementara itu cheesecake non panggang jauh lebih mudah, proses pembuatan tergolong mudah, begitu pula dalam mengumpulkan bahan. Jika selama ini kue hanya mengandalkan adonan dari susu, keju dan telur, lalu bagaimana jadinya dipadukan roti tawar?

Memakai bahan tambahan seperti roti tawar dan agar-agar tentu menciptakan tekstur kue kenyal nan lembut. Tentu saja proses memasak via kukus sehingga hidangan bakal memberi sensasi tak terlupakan ketika disantap. Resep cheesecake roti tawar ini merupakan hasil sebuah eksperimen yang berjalan sukses. Tak heran banyak orang yang tertarik mencobanya.

Menyiapkan semua bahan tidak begitu sulit, apalagi roti dan agar-agar. Walaupun proses memasak kurang dari 30 menit, bukan berarti disajikan dalam keadaan panas. Seperti diketahui, cheesecake non panggang paling nikmat tersaji saat dingin alias baru keluar dari lemari es. Manis, asin dan gurih menggoyang lidah, selain itu tenggorokan juga disapa langsung oleh dinginnya agar-agar. Berminat menjajal resep cheesecake roti tawar?

Bahan-bahan:
  • 200 ml susu uht
  • 100 gram gula pasir
  • 180 gram keju parut
  • 5 lembar roti tawar tanpa kulit
  • 1 bungkus agar-agar plain (agar-agar tanpa rasa)
  • 1 butir telur
  • vanili setengah bungkus kecil
  • parutan kulit lemon
  • untuk topping bebas
Cara Membuat:
  1. Sobek-sobek roti tawar dan parut keju.
  2. Mulai panaskan kukusan. Lalu pada tutup kukusan lapisi dengan lap yang bersih.
  3. Mulai blender roti sambil tuangkan susu sedikit demi sedikit. Kemudian masukkan keju parut, blender sampai rata.
  4. Masukkan gula, agar-agar, telur, parutak kulit lemon, dan vanili. Lalu blender sampai halus.
  5. Pada loyang beri margarin. Kemudian masukkan adonan tadi dan kukus dengan api sedang selama 25 menit.
  6. Jika sudah matang, lalu tunggu dingin. Baru setelah itu masukkan ke dalam kulkas. Jika sudah, kue chase cake ini sudah siap di-iris dan diberi topping.
Mudah sekali mengumpulkan semua bahan dan mengikuti langkah demi langkah Resep Cheesecake Roti Tawar ini. Apakah roti tawar bisa digantikan jenis lain? Boleh saja menggantinya dengan roti sejenis yang mengandung rasa tertentu seperti pandan atau coklat, tetapi perlu melakukan modifikasi bahan agar memperoleh keseimbangan rasa. Biarkan kreativitas menemukan proses akhir.

Warna coklat dibawah cheese cake adalah biskuit yang dihancurkan dan dicampur butter terus dipipihkan didasar loyang sebagai dasar cheese cake yang bertekstur lembut agar cantik disajikan. Pada resep ini memang tidak disebutkan bahan dan prosesenya. Tanpa bisukit juga udah enak banget kok bun :)

Lalu, apa itu agar-agar plain? Seperti diketahui, bubuk agar-agar tersedia dalam beragam rasa sedangkan plain tidak memiliki rasa apapun alias tawar. Tidak sulit untuk menemukannya, tersedia di toko bahan kue atau supermarket terdekat. Sebelum penyajian cheesecake roti tawar, pastikan sudah tersimpan lama di lemari pendingin sekitar 1-2 jam lebih. Kue ini lebih nikmat disantap dingin, dijamin ketagihan.

Selamat mencoba yaa..!
Jika dirasa bermanfaat, mohon bantuannya untuk share artikel ini ke teman bunda yang lain :)

Sumber: Resep Spesial

0 Response to "Resep Dan Cara Membuat Cheesecake Roti Tawar"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel