Resep Roti Jala. Sarapan Praktis dan Enak di Pagi Hari

Makan kuah kari ayam paling enak ditemani sepiring nasi putih, entah hangat atau dingin. Akan tetapi masyarakat Melayu di Sumatera Utara lebih suka menikmatinya dengan beberapa potong roti jala hangat. Roti dicelup langsung ke kuah kari kaya rempah, rasa gurih renyah nan lezat dijamin menyapa lidah. Sensasi ini justru tak ditemui bila menyantap dengan sepiring nasi.



Keunikan cara penyajian membuat roti jala dianggap sebagai pengganti sepadan nasi untuk menikmati semangkuk kuah kari ayam, bahkan telah menjadi hidangan khas populer bagi masyarakat Sumatera Utara dan Malaysia. Banyak penjual meyajikan roti jala sebagai teman makan kuah kari, cukup celup dan langsung lahap. Dijamin pasti ketagihan saat pertama kali cicip.

Setiap daerah punya cara berbeda dalam menyajikan Resep Roti Jala. Pada umumnya teman makan roti renyah ini, berupa kuah kari ayam, tetapi masyarakat Deli lebih menyukai kuah kari kambing plus suguhan acar nanas. Perpaduan hidangan tersebut justru membuat roti jala jauh lebih gurih dan kaya rasa di lidah.

Menurut penuturan budayawan Melayu, cara penyajian roti bertekstur mirip jala ikan ini sebenarnya terinspirasi langsung dari kebudayaan India. Popularitasnya begitu meluas di wilayah Sumatera, Malaysia dan Singapura. Beberapa daerah punya nama berbeda, contoh Kepulauan Riau justru lebih mengenalnya dengan nama roti kirai. Tertarik mencoba?

Ini Dia Resep Roti Jala Untuk Teman Makan Kuah Kari
Bahan-bahan:
  • 500 cc susu cair
  • 1 sendok makan margarin
  • 1 butir telur
  • 2 gelas tepung terigu
  • 1 gelas santan
  • Pewarna makanan, pilih kuning atau warna lainnya
  • Garam
  • Minyak goreng
Cara Membuat:
  1. Taruh semua bahan ke mesin blender, nyalakan dan biarkan semua tercampur rata. Tuangkan adonan ke wadah lain dengan penyaring.
  2. Tambahkan air jika adonan masih kental. Idealnya adonan tak boleh terlalu encer atau kental.
  3. Panaskan teflon kuali datar yang telah dioles minyak goreng dengan kuas. Taruh adonan ke tempat cetak roti jala lalu biarkan jatuh ke teflon. Lakukan gerakan memutar ketika menjatuhkan adonan, dengan demikian roti tercetak bentuk bulat. Tidak punya cetakannya? jangan khawatir, bisa buat sendiri dari botol plastik yang dilubangi di bagian tutupnya. praktis!
  4. Biarkan panas teflon mematangkan adonan roti, jadi tak perlu dibolak-balik. Angkat lalu gulung seperti kue dadar atau bentuk segitiga sesuai selera.
  5. Roti siap disantap bareng kuah kari ayam atau kuah kari kambing.
Tempat cetak roti jala tersedia pada toko perlengkapan masak. Jika kesulitan untuk memperolehnya, maka buat sendiri dengan memanfaatkan botol bekas air mineral yang dilubangi bagian tutupnya. Buat 4-5 lubang menggunakan paku yang dipanaskan dan kemudian dibersihkan. masukkan adonan ke dalam botol mineral tersebut dan tuang sambil diputar-putar di atas wajan.

Resep Roti Jala versi klasik, pada umumnya berwarna kuning sebagai efek penggunaan dari pewarna makanan. Akan tetapi boleh juga melakukan variasi dengan memakai warna berbeda. Jika ingin tampilan lebih natural, gunakan saja air perasan daun suji atau pandan yang menghadirkan warna hijau plus aroma wangi menggoda selera.

Selamat mencoba yaa..!

Sumber: Resep Spesial

0 Response to "Resep Roti Jala. Sarapan Praktis dan Enak di Pagi Hari"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel