Resep Ibundo Membuat Pempek Super Irit Tanpa Ikan. Enak dan Gurih!

Pempek atau empek-empek adalah makanan khas Palembang yang terbuat dari daging ikan yang digiling lembut dan tepung kanji (secara salah kaprah sering disebut sebagai “tepung sagu”), serta beberapa komposisi lain seperti telur, bawang putih yang dihaluskan, penyedap rasa dan garam. Sebenarnya sulit untuk mengatakan bahwa penganan pempek pusatnya adalah di Palembang karena hampir semua daerah di Sumatera Selatan memproduksinya.



Pempek bisa ditemukan dengan sangat mudah di seantero Kota Palembang; ada yang menjual di restoran, ada yang di pinggir jalan, dan juga ada yang dipikul. Tahun 1980-an, penjual biasa memikul satu keranjang penuh pempek sambil berjalan kaki berkeliling menjajakan makanannya.
Resep ini merupakan salah satu solusi yang terjangkau meriah untuk menikmati pempek setiap hari alias tambahan bakulan bunda.

Resep dasar nya saya pakai resep pempek dos Ny. Liem, silahkan ibu memodifikasi dengan selera masing-masing alias ibu dapat meningkatkankan irisan daun bawang, keju parut, bawang putih halus, ebi kering halus, dan lain lain. Alias ada juga yang memakai air rebusan tulang ikan tenggiri untuk rasa kaldu ikannya, dan apabila ibu meniadakan penggunaan telur juga pempeknya tetap bakal terasa enak kok.

Bahan-bahan :
  • 250 ml air
  • 2 sendok teh garam
  • 1 1/2 sendok teh kaldu bubuk
  • 125 gram terigu protein sedang
  • 1 butir telur
  • 200 gram tepung sagu
  • 2 sendok makan minyak goreng
Cara membikin pempek tanpa ikan
  1. Rebus air, dengan kaldu dan garam hingga mendidih, lalu kecilkan api, dan masukkan tepung terigu, Aduk asal rata saja dengan cepat, danAngkat.
  2. Pindahkan adonan ke dalam wadah lain dan masukkan minyak, aduk hingga rata.
  3. Masukkan telur, aduk rata. Sering aku suka memakai food processor untuk mencampurkan minyak dan telur, caranya merupakan masukkan minyak, telur, dan adonan yang telah dimasak ke dalam food processor, lalu proses sebentar hingga semuanya tercampur rata, tetapi untuk hari ini saya aduk manual saja hanya memakai sendok kayu.
  4. Adonan yang telah tercampur rata tersebut, ibu biarkan berbagai saat hingga dingin.
  5. Seusai dingin tambahkan tepung sagu, lalu uleni hingga rata memakai tangan.
  6. Kebetulan di rumah tetap ada sisa sedikit telur puyuh, maka aku jadikan sebagai bahan isiannya. Untuk agar lebih mudah dalam membentuk pempek nantinya, telur puyuh tersebut dapat ibu rebus terlebih dahulu.
  7. Harap ibu maklum ya bentuk pempek hari ini terkesan tak begiyu cantik hehehe tapi untuk rasanya jangan di tanya…
  8. Saat ini pempek dos siap untuk di rebus.
  9. Adonan pempek dos ini teksturnya lebih lembut tetapi tak begitu lembek semacam halnya pempek yang memakai ikan
  10. Rebus pempek dalam air mendidih yang telah di beri sedikit minyak. dan masak hingga pempek mengapung dan matang.
  11. Angkat pempek dan tiriskan.
  12. Pempek dos ini dapat ibu saapabilan langsung seusai direbus alias dapat di goreng terlebih dahulu untuk ibu yang suka yang kering di luar dan saapabilan dengan cuko yang sedaaaaap.
Selamat mencoba Bunda Jangan lupa share dan komen yah

Summber: resepunggulan.xyz

0 Response to "Resep Ibundo Membuat Pempek Super Irit Tanpa Ikan. Enak dan Gurih!"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel